2017-07-21 10:52:15

LPM

SEKILAS LEMBAGA PENJAMINAN MUTU STAI AL-HAMIDIYAH

STAI Al-Hamidiyah adalah salah satu unit pendidikan tinggi dibawah Yayasan Islam Al-Hamidiyah Sjaichu yang memiliki kewajiban untuk meningkatkan mutu pendidikannya secara terus menerus dan berkelanjutan. Upaya meningkatkan kualitas tersebut dilakukan dalam suatu kegiatan penjaminan mutu perguruan tinggi. Penjaminan mutu perguruan tinggi adalah proses perencanaan, pemenuhan, pengendalian, dan pengembangan standar pendidikan tinggi yang berkualitas, professional dan religius, sehingga pemangku kepentingan (stakeholders) internal dan eksternal perguruan tinggi, yaitu Yayasan, mahasiswa, dosen, karyawan, masyarakat memperoleh kepuasan atas kinerja dan keluaran perguruan tinggi.

 

Dengan kegiatan penjaminan mutu ini diharapkan terjaminnya mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi baik pada masukan, proses, maupun keluaran berdasarkan peraturan perundang-undangan, visi, misi dan statuta STAI Al-Hamidiyah. Kewajiban STAI Al-Hamidiyah melaksanakan penjaminan mutu dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, diatur dalam peraturan perundang-undangan yaitu:

1. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 51 ayat (2) yang pada dasarnya mengatur bahwa pengelolaan satuan pendidikan tinggi dilaksanakan berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu, dan evaluasi yang transparan;

2.  Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Pasal 91 ayat (1), ayat (2), ayat (3) PP No. 19 tahun 2005 yang mengatur bahwa setap perguruan tinggi wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan sebagai pertanggungjawaban kepada stakeholders, dengan tujuan untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan, yang dilakukan secara bertahap, sistematis, dan terencana dalam suatu program penjaminan mutu yang memiliki target dan kerangka waktu yang jelas.

3.  Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Pasal 96 ayat (7) PP No. 17 tahun 2010 yang mengatur bahwa perguruan tinggi melakukan program penjaminan mutu secara internal, sedangkan penjaminan mutu eksternal dilakukan secara berkala oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

 

Keberadaan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STAI Al-Hamidiyah adalah dalam rangka melaksanakan kegiatan penjaminan mutu di STAI Al-Hamidiyah, terutama dalam melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) maupun mempersiapkan dilaksanakannya Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SMPE) dalam konteks akreditas institusi maupun akreditasi program studi.

 

VISI

Menjadi lembaga penjaminan mutu yang berkualitas dan keberlanjutan untuk mewujudkan visi STAI Al-Hamidiyah menjadi perguruan tinggi yang berkualitas, professional dan religius.

 

MISI

1.  Mengembangkan dan meningkatkan kualitas sistem penjaminan mutu di lingkungan STAI Al-Hamidiyah yang memenuhi standar nasional.

2.  Meningkatkan kompetensi LPM secara terus menerus dalam menangani penjaminan mutu pendidikan yang berkualitas, profesional, dan religius.

3.  Meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab sumberdaya manusia di lingkungan STAI Al-Hamidiyah akan pentingnya mutu pendidikan.

4. Meningkatkan terpenuhinya kepuasan pengguna (users/customer) dan pemangku kepentingan (stakeholders) STAI Al-Hamidiyah.

 

TUJUAN

1.  Membangun dan mengembangkan model Sistem Jaminan Mutu STAI Al-Hamidiyah yang memenuhi standar nasional.

2.  Membangun dan mengembangkan Standar Mutu dan Pengendalian Mutu Akademik di STAI Al-Hamidiyah.

3.  Memantapkan implementasi Sistem Jaminan Mutu pada civitas STAI Al-Hamidiyah.Meningkatkan terpenuhinya kepuasan pengguna (users) dan pemangku kepentingan (stakeholders).