HOME  2019-02-08 04:56:49

Tentang STAI Al-Hamidiyah

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hamidiyah merupakan pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Islam Al-Hamidiyah yang semula bernama Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STIDA) Al-Hamidiyah. Penyelenggaraan pendidikan tinggi ini digagas oleh KH. Achmad Sjaichu sebagai bentuk tanggung jawab terhadap ummat dengan harapan agar sekolah tinggi ini dapat menjadi pusat studi keIslaman dan menghasilkan lulusan yang kompeten dan professional di bidangnya. Secara kelembagaan STAI Al-Hamidiyah berada dibawah koordinasi Koopertais Wilayah I DKI Jakarta binaan dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

 

Selama lebih dari 25 tahun beroperasi STAI Al-Hamidiyah Jakarta telah menghasilkan banyak lulusan yang terserap dalam berbagai lapangan pekerjaan, hal ini membuktikan bahwa kami telah menjadi kepercayaan dan pilihan masyarakat dalam melanjutkan pendidikan tinggi. Dalam pengembangannya, kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas dengan segera hadirnya program studi pilihan yang akan menjawab kebutuhan zaman. Saat ini program studi yang ada di STAI Al-Hamidiyah Jakarta telah menghasilkan tenaga guru professional dalam bidang Pendidikan Islam yang dapat memberikan pelatihan, pelayanan pendidikan dan informasi edukasi pada masyarakat. Dengan demikian STAI Al-Hamidiyah Jakarta merupakan pilihan yang tepat bagi setiap insan pembelajar yang membutuhkan pendidikan tinggi yang berkualitas, professional dan religius.

 

Visi

Menjadi lembaga  pendidikan tinggi Islam yang berkualitas, profesional dan religius.

 

Misi

1. Menyelenggarakan proses pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian  masyarakat dengan bertumpu pada nilai-nilai berkualitas, profesional dan religius

2.  Menghasilkan sarjana pendidikan yang mampu mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi secara terpadu.

3. Mengembangkan bidang keilmuan pendidikan Agama Islam melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

4. Membangun kelembagaan dan kinerja profesional di lingkungan civitas akademika.

5. Melaksanakan manejemen pendidikan dengan menerapkan prinsip manejemen mutu.

 

Tujuan

1.  Menyelenggarakan program pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama sebagai pengembang dan pemikir dalam bidang studi Islam serta memiliki kompetensi khusus dalam mengembangkan penelitian dan keilmuan Islam.

2.    Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan dan keunggulan dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu-ilmu keislaman secara profesional.

3.    Menghasilkan lulusan yang kompeten, siap pakai/berkembang dan mampu berwirausaha di bidang yang dikembangkan.

4.    Menghasilkan karya dan cipta yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat serta tantangan perubahan yang cepat di bidang keilmuan yang dikembangkan baik secara nasional maupun global.

5.    Meningkatkan peran kelembagaan sebagai pusat kajian keislaman dalam konteks keilmuan, kemasyarakatan dan kebangsaan.